Jumat, 08 Maret 2013

Musik Thailand (World Music)


Sejak nonton The Love Of Siam. Aku jadi sering penasaran tentang negeri Gajah Putih ini. Sebelumnya aku sudah pernah dengar musik-musik negeri itu, tapi gara-gara duo karakter Tong dan Mew itulah jadi ada geregetan tersendiri! Sebagai penyuka musik, aku mulai hunting musik-musik dari negeri ini.
Aku mengenal satu lagu tradisional Thailand yang sangat indah didengar. Berjudul ‘Lao Duang Duan’. Melodinya sangat hangat, tapi juga kadang juga bikin terenyuh. Aku sudah mendengar beberapa versi dari lagu ini. Hampir semuanya mengena! Ini contohnya (mengambil video yang diupload oleh pemainnya sendiri):
Di lagu itu, Lerkiat Mahavinijchaimontri memainkan Saw Duang, semacam Rebab (Jawa) atau Er Hu (Cina). Rekannya, Amorn Puttanu memainkan piano. Yang aku tahu, lagu ini berjudul ‘Lao Duang Duan’, tapi di upload-an ini judulnya ditulis ‘Moonlight Serenade’.
Kemudian aku juga menemukan lagu dari soundtrack film lama berjudul ‘Kwan Riam’, semacam kisah Romeo Juliet desa ala Thailand. Musiknya sangat enak, teduh, tapi juga kadang menyayat. Aku mengambil salah satu bagian dari rekaman jadulnya (versi ost), yang dibuka oleh suara Khlui (flute tradisional Thailand). Lalu mengombinasikannya dengan rekaman orkestra yang lebih baru, yang dimainkan oleh Maitai Orchestra.
Aku sangat suka dengan lagu ini. Selalu enak untuk teman merenung, sambil minum teh sore-sore, atau malam. Semoga kalian juga suka.
Satu lagi, ada lagu ‘Light Of Asia’ yang menjadi theme song Asian Games ke 13 di Bangkok, tahun 1998. Lagu ini digubah oleh Dnu Huntrakul (yang menggawangi Maitai Orchestra saat merekam Kwan Riam), dan posisi conductor ditangani oleh musisi Iran Shardad Rohani (yang juga menjadi conductor di konser legendaris Yanni tahun 1994, di Acropolis). Lagu ini sangat manis, diaransemen dengan unsur Thailand yang kental, tapi di bagian akhir lagu rupanya meminjam melodi dari hymne Celtic, Auld Lang Syne. Sayang sekali, bertahun-tahun aku berburu versi rekaman asli dari lagu ini, tapi tak pernah ketemu. Mungkin memang tidak ada. Cuma ada rekaman video beresolusi terbatas ini.



Selamat mendengarkan World Music dari Thailand ini, semoga suka! ;)

  
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar