Akor Subtitusi Sederhana
Bagaimana mengerjakan akor subtitusi
Contoh berikut ini mengeksplore bagimana cara menggerjakan subtitusi sederhana
Dasar Progresi Akor :
Memodifikasi
Pola substitusi sederhana. Perhatikan bahwa fungsi akord tetap sama di
setiap Bar. Perhatikan contoh dari Prograsi masing-masing akor ke:
1. Analisa fungsi dari masing-masing akor pada frase asli
2. Amati substitusi akor yang memiliki fungsi yang sama dalam Tangga nada
Contoh .1. memodifikasi pola dasar dari Substitusi sederhana
Variasi yang lain
Contoh berikut ini mengeksplore bagimana cara menggerjakan subtitusi sederhana
Dasar Progresi Akor :
C6 | Am7 | F | C6 |
I6 | VI7 | IV | I6 |
T | T | SD | T |
1. Analisa fungsi dari masing-masing akor pada frase asli
2. Amati substitusi akor yang memiliki fungsi yang sama dalam Tangga nada
Contoh .1. memodifikasi pola dasar dari Substitusi sederhana
C6 | Em7 | Dm7 | C6 |
I6 | III7 | II7 | I6 |
T | T | SD | T |
Catatan :
Simbol T adalah Tonika.
Pada Birama ke-2 yaitu akor Em7 merupakan akor bantu atas/subtitusi atas dari akor C6
Berikut akor bantu Atas dan bawah "subtitusi" dari akor Tonika ( I) sebagai berikut:
Akor bantu atas dari Tonika I = III
Akor bantu bawah dari Tonika I = VI
Contoh : I II III IV V VI VII
Kunci C : C Dm Em F G Am Bdim
Kategori ( T) (T) (T)
(Sub Atas) (Sub Bawah)
Contoh .2. Substitusi sederhanaVariasi yang lain
C6 | Am7 | G7sus4 | Am7 |
I6 | VI7 | V7sus4 | VI7 |
T | T | SD | T |
Subtitusi dari pola dasar pergerakan akor I - VI - II - V
Pola dasar I - VIm7 - IIm7 - V
Contoh dari kunci C
Contoh dari kunci C
a | C | Am7 | Dm7 | G7 |
Simbol Fig | I | VIm7 | IIm7 | V7 |
b | C | Ebdim | Dm7 | G7 |
Simbol Fig | I | bIIIdim | IIm7 | V7 |
c | C | C#dim | Dm7 | G7 |
Simbol Fig | I | # Idim | IIm7 | V7 |
d | C | D7 | Dm7 | G7 |
Simbol Fig | I | II7 | IIm7 | V7 |
e | C | Ab7 | Dm7 | G7 |
Simbol Fig | I | Sub.V7 dari V | IIm7 | V7 |
f | C | A7b9 | Dm7 | G7 |
Simbol Fig | I | V7 dari II(b9) | IIm7 | V7 |
g | C | Eb7 | AbMaj7 | Db7 |
Simbol Fig | I | Sub.V7 dari bVI | bVImaj7 | Sub.V7 |
Subtitusi Akor Dominan Tujuh
Karakteristik dari suara akor dominan Tujuh
dapat di hubungkan ke tritone yang ada antara nada ke-3 dan ke-7 dari
akord dominan Tujuh
Tritone disusun dengan jarak interval 1 sebanyak 3 kali
Sebelumnya Dm7 - G7 - C6 Menjadi G7sus4 - Em7-5 - A7+9
Fungsi Akor SD D T SD D T
Tritone disusun dengan jarak interval 1 sebanyak 3 kali
Sebelumnya Dm7 - G7 - C6 Menjadi G7sus4 - Em7-5 - A7+9
Fungsi Akor SD D T SD D T
Teknik dasar membentuk 2 Suara dari sebuah melodi lagu/melodi utama dalam notasi angka
Pada dasarnya membentuk harmoni 2 suara sangatlah sederhana, berikut aturan dasar yg dapat dilakukan.
Aturan :
1. Setiap melodi dapat di tambahkan 1 suara atas atau bawah dengan menggunakan nada ke-3 di hitung dari melodi utama. contoh melodi utama adalah do (1) maka nada ke-3 adalah mi (3) Do-re-mi atau la(6) 1 - 7 - 6
1 - 2 - 3 1 - 2 - 3
Contoh Lagu Munajat cinta (Ahmad Dhani)
aturan 1 __ __ __ __ __ __ __ __
Melodi utama 3 3 4 5 . . 3 | 2 3 4 . . | 1 1 2 3 . . 1 | 7 1 2 . .
__ __ __ __ __ __ __ __
Menjadi 3 3 4 5 . . 3 | 2 3 4 . . | 1 1 2 3 . . 1 | 7 1 2 . .
2 suara 1 1 2 3 . . 1 | 7 1 2 . . | 6 6 7 1 . . 6 | 5 6 7 . .
' ' ' ' ' ' ' '
Aturan :
1. Setiap melodi dapat di tambahkan 1 suara atas atau bawah dengan menggunakan nada ke-3 di hitung dari melodi utama. contoh melodi utama adalah do (1) maka nada ke-3 adalah mi (3) Do-re-mi atau la(6) 1 - 7 - 6
1 - 2 - 3 1 - 2 - 3
Contoh Lagu Munajat cinta (Ahmad Dhani)
aturan 1 __ __ __ __ __ __ __ __
Melodi utama 3 3 4 5 . . 3 | 2 3 4 . . | 1 1 2 3 . . 1 | 7 1 2 . .
__ __ __ __ __ __ __ __
Menjadi 3 3 4 5 . . 3 | 2 3 4 . . | 1 1 2 3 . . 1 | 7 1 2 . .
2 suara 1 1 2 3 . . 1 | 7 1 2 . . | 6 6 7 1 . . 6 | 5 6 7 . .
' ' ' ' ' ' ' '
Tidak ada komentar:
Posting Komentar